Sabtu, 14 Januari 2012

Masyarakat Perkotaan dan Masyarakat Pedesaan





Sekarang saya akan membahas masalah Masyarakat Perkotaan Dan MAsyarakat Pedesaan .,.



Berikut ini adalah cirri-ciri masyarakat Kota cekidot ::

Masyarakat kota :

1. Kehidupan keagamaan berkurang dibandingkan dengan kehidupan keagamaan di desa.

2. Orang kota pada umumnya dapat mengurus dirinya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Yang penting disini adalah manusia perorangan atau individu.

3. Pembagian kerja di antara warga-warga kota juga lebih tegas dan mempunyai batas-batas yang nyata.

4. Kemungkinan-kemungkinan untuk mendapatkan pekerjaan juga lebih banyak diperoleh warga kota dari pada warga desa.

5. Interaksi yang lebih banyak terjadi berdasarkan pada faktor kepentingan daripada faktor pribadi.

6. Pembagian waktu yang lebih teliti dan sangat penting, untuk dapat mengejar kebutuhan individu.

7. Perubahan-perubahan sosial tampak dengan nyata di kota-kota, sebab kota biasanya terbuka dalam menerima pengaruh.

Dan ini adalah cirri-cici masyarakat Desa cekidot ::



Masyarakat desa :




1. Mempunyai pergaulan hidup yang saling kenal mengenal antara ribuan jiwa.

2. Ada pertalian perasaan yang sama tentang kesukuan terhadap kebiasaan.

3. Cara berusaha (ekonomi) adalah agraris yang paling umum yang sangat dipengaruhi alam sekitar seperti : iklim, keadaan alam, kekayaan alam, sedangkan pekerjaan yang bukan agraris adalah bersifat sambilan.

4. Didalam masyarakat pedesaan di antara warganya mempunyai hubungan yang lebih mendalam dan erat bila dibandingkan dengan masyarakat pedesaan lainnya di luar batas wilayahnya.

5. Sistem kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan.

6. Sebagian besar warga masyarakat pedesaan hidup dari pertanian.

7. Masyarakat tersebut homogen, seperti dalam hal mata pencaharian, agama, adat istiadat, dan sebagainya.



Nah sekarang pembajasan beralih ke bagai mana hubungan antara masyarakat Kota dan Desa di Negara kita ini Indonesia kan ?

Masyarakat kota dan masyarakat desa di Indonesia saling ketergantungan satu dama lain , kota membutuhkan desa sebagai pemasok bahan pangan untuk masyarakat kota , dan desa membutuhkan kota untuk mendistribusikan barang-barang modern atau barang pendukung lain nya untuk mendukung pertumbungan desa itu sendiri . meski terlihat kesinambungan seperti itu , kita tidak bisa p[ungkiri bahwa desa masih tertinggal dari kota. Sebab SDM di kota sendiri sangan baik di bandingkan dengan desa , tak heran jika mastyarakat kota lebih meju. Di desa pun sebenarnya ingin sekali maju seperti kota , rtapi ada unsure yang menjadi kan desa lamban untuk maju karena kebudayaan dan adat yang di anut oleh orang tua atau sesepuh di desa itu . banyak masyarakat desa yang iongin mengadu nasib di kota guna memajujkan kehiduypan keluarganya di desa karena tergiur oleh kawan mereka yang sudah lebih dulu kota dan berhasil , tapi malah banyak yang gagal karena tidak mempunya skill atau kemampuan yang cukup untuk bisa bersaingn dengan masyarakat kota.

Ini lah yang menyebabkan terjadinya kesenjangan di perkotaan , banyak nya gedung bertinggat tidak kalah dengan pemukiman kumuh di Ibu Kota ini nah tapi jkita tidak membahas hal itu , yang kita bahas sekarang adalah apakan ada hubungan simbiosis mutualisme yang baik dalam kehidupan bermasyarakat ?





Oke kita bahas semuanya di sini ya !

Simbiosis Mutualisme adalah hubungan yang saling menguntungkan diantara kedua belah pihak.

Nah kan tadi sudah saya bahas di awal tadi jikalah kota besar memerlukan desa untuk memasok bahan pangan seperti padi , cabai , dan bawang ke kota , kota pun memasok teknologi untuk membantu kemajuan desa tersebut kan ? nah hubungan timbale balik itu lah yang si sebut dengan Mutualisme Simbiosis . haha gampangkan belajar PKN ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar