Kamis, 27 September 2012

Arti Pentingnya Organisasi dan Metode


Pengertian Organisasi

Istilah organisasi berasal dari bahasa yunani. Yang berarti alat. Desainorganisasi (organizational design) merupakan proses memilih dan mengimplementasikan struktur yang terbaik untuk mengelola sumber-sumber untuk mencapai tujuan akhir yang diinginkan.

Organisasi adalah sekelompok orang  yang dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Berikut ini adalah pengertian Organisasi menurut beberapa tokoh :

1. Organisasi Menurut Chester I. Bernard

Organisasi merupakan suatu system aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

2. Organisasi Menurut James D. Mooney
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3.Organisasi Menurut Stoner

Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama.

4. OrganisasiMenurut Prof. Dr. SondangSiagian
Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk suatu tujuan bersama dan terikat secara formal.



Manajemen Organisasi







lmu manajemen didefinisikan sebagai yang mempelajari bagaimana cara mencapai tujuan.

Manajemen, dapat di tinjau dari tiga segi :

  • Kepemimpinan, tidak dimaksudkan melakukan sendiri kegiatan-kegiatan operasional akan tetapi menjamin orang lain mengerjakan hal-hal yang sesuai dengan kebijaksanaan, keputusan, dan pedoman yang telah diberikan. 

kepemimpinan mempunyai dua atribut menurut Mellit yaitu personal dan institusional :





Atribut – atribut personal :
  1. kepemimpinan mencakup intelegensi
  2. keberanian
  3. integritas kekuatan
  4. kesiapan fisik
  5. determinasi
  6. ketekunan

  7. kerja keras
  8. kecerdikan
  9. bahkan terkadang kebingisan
Atribut institusional
 kepemimpinan mencakup :


  1. status

  2. kekayaan

  3. posisi

  4. dan kolega

     atau teman yang mampu


  5. kesempatan atau peluang yang khusus





Dengan demikian seorang pemimpin memang di tuntut mempunyai berbagai kelebihan dari yang dipinpin, seperti keunggulan emosional, keunggulan kecerdasan, keunggulan ketrampilan, keunggulan fisik, kekayaan dan lain sebagainya.

  • Pengambilan keputusan, Kesuksesan seorang pemimpin bukan hanya dilihat dari banyaknya jabatan atau pangkat saja. Tetapi bagaimana bersikap dan mengambil keputusan secara cermat, cerdas, dan cepat. Analisa yang dapat digunakan dalam decition making adalah menggunakan instrument analisa SWOT (Strength/kekuatan, Weakness/kelemahan oprtunity/peluang, Treats/ancaman)

  •  Human Relation, hasil dari kebulatan keputusan tadi pada proses tindak lanjutnya sebaiknya berpijak pada unsur kemanusiaan dan jika digerakkan dengan tepat maka akan menjadi efisien dan jika tidak demikian maka terkadang manusia justru akan menjadi unsur perusak rencana (Destroyer of Planning).

Secara sederhana organisasi sendiri dapat diberi pengertian sebagai suatu system yang saling berpengaruh antar orang dalam kelompok yang bekerjasama dalam mencapai tujuan bersama. Lengkapnya dapat dinyatakan sebagai suatu kesatuan sosial dari sekelompok manusia yang saling berinteraksi menurut pola tertentu, sehingga setiap anggotanya memiliki fungsi dan tugas masing-masing, utamanya lagi kesatuan tersebut mampunyai batas-batas yang jelas sehingga dapat dipisahkan secara tegas dari lingkungannya (Lubis dan Martin,1989).\



C.Manajemen Tata Kerja

Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat.

Berikut pokok tujuan Managemen Tata Kerja :

  • Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
  • Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
  • Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

Dengan demikian hubungan antara Management dan Tata Kerja dapat digambarkan seperti :

Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

D.Manajemen, Organisasi Dan tata Kerja

Manajemen merupakan proses kegiatan seorang pimpinan (manajer) yang harus dilakukan dengan mempergunakan cara-cara pemikiran yang rasional maupun praktis untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui kerja sama dengan orang lain sebagai sumber tenaga kerja dan dapat diselesaikan dengan tepat waktu .

Pengertian dari oranisasi adalah satu jenis wadah di masyarakat yang dibuat bersama oleh beberapa oarang dengan tujuan dapat memperoleh efesiensi kerja tertentu semaksimal mungkin.

Dari uraian di atas dapat dirumuskan bahwa manajemen adalah proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia. Dan untuk mencapai tujuan maksimal di butuhkan tenaga besar maka di bentuklah suatu organisasi Yang pada pokoknya secara fungsional dapat diartikan sebagai sekelompok manusia yang dipersatukan dalam suatu kerja sama yang efisien untuk mencapai tujuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsidari organisasi adalah sebagai alat dari manajemen untuk mencapai tujuan.

Tata kerja bisa di sebut juga metode adalah satu cara bagaimana agar kita dapat memanfaatkan sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan secara tepat sehingga proses kegiatan manajemen pun dapat di laksanakan dengan tepat.Oleh karna itu dapat di katakana hubungan antara manajemen dan tata kerja seperti berikut:

Manajemen 

  • Menjelaskan perlu ada proses kegiatan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya suatu tujuan.
Tata Kerja

  • Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber yang ada dan waktu yang tersedia.

Hubungan antara menejemen, Organisasi dan Tata kerja sendiri sebagai berikut :

Manajemen :
     Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia satu sama lain

Organisasi : 
     Alat bagi pencapaian tujuan dan alat bagi pengelompokkan kerja sama

Tata Kerja
     Pola cara-cara bagaimana kegiatan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien

Kesimpulan Bahwa Managemen , Organisasi , dan Tata Kerja selalu memiliki keterikatan satu sama lain yang tidak bisa di acuhkan salah satunya karena ketiganya menciptakan suatu keseimbangan salam proses menyelesaikan/mengambil suatu keputusan dengan mengacu pada satu tujuan .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar